SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya
Rubrik : Even Kegiatan
Kerja Bakti di Tengah Pandemi Giat Pandu From Home
2020-12-07 09:10:26 - by : admin

Akhiri program PFH (Pandu From Home), beberapa siswa SD Integral Luqman Al Hakim Surabaya adakan kegiatan kerja bakti dan Halaqoh Al Quran bersama, Jumat (4/12).



Suasana berbeda tampak terlihat di komplek perumahan Bumi Madina Asri (BMA) Surabaya. Pasalnya di Jumat pagi yang cerah tersebut warga perum BMA dikagetkan dengan hadirnya beberapa "pasukan orange" yang sedang bersih bersih jalan. Dilihat dari seragamnya sekilas memang berwarna orange, tapi dilihat dari postur tubuhnya, mereka masih anak kecil usia SD. Tentu saja mereka bukan petugas kebersihan dari pemkot atau instansi sejenisnya.


Kerja bakti 


Ya, mereka memang bukan petugas kebersihan yang melakukan pekerjaannya karena ada imbalan. Pasukan orange kecil tersebut adalah anggota Pandu Hidayatullah SD Luqman Al Hakim Surabaya. Mereka adalah Muhammad Akhtar Uzzam kelas 6C, Umair Sholahudin Zanki kelas 5F, Abdullah Ahmad Yasin kelas 5 C, dan Rhedi Shifaul Qulub kelas 5C.


Berkumpulnya mereka di perumahan BMA tersebut dalam rangka melakukan kerja bakti bersih bersih jalan dan selokan. Mereka berkumpul di ujung gang kemudian menyisir jalan gang perumahan BMA dengan bersenjatakan sapu dan serok sampah. Walaupun diselingi dengan sedikit bermain, tapi jalan gang tersebut akhirnya bisa bersih, rapi dan indah (BRI) juga. Kerja pasukan orange kecil tersebut ternyata tak kalah dengan pasukan orange yang sebenarnya. 


Usut punya usut ternyata program kerja bakti di Jumat pagi tersebut mereka lakukan dalam rangka mengakhiri program Pandu From Home (PFH). Program PFH ini merupakan program khusus yang diberlakukan selama pandemi bagi siswa dan siswi SD Luqman Al Hakim Surabaya dan secara umum bagi anggota SAKO Hidayatullah se Jawa Timur.


Program ini dimaksudkan agar ruh dan semangat SAKO Hidayatullah tetap bisa memberikan warna dalam aktifitas siswa selama mengikuti PBM (Proses Belajar Mengajar) online dari rumah. Secara teknisnya yaitu dengan pengamalan 5 program SAKO Hidayatullah yaitu Tarbiyah Tsaqofiyah, Tarbiyah Ruhiyah, Tarbiyah Jasadiyah, Tarbiyah Ijtimaiyah dan terakhir Tarbiyah Qiyadiyah.


Selain melakukan kerja bakti yang merupakan pengamalan dari program Tarbiyah Ijtimaiyah, ternyata mereka mengawali rangkaian kegiatan di hari Jumat tersebut dengan halaqoh qurÂ’an di rumah Zanki. Mereka juga melakukan pengamalan Tarbiyah Jasadiyah berupa bermain sepak bola bersama.  Kegiatan bermain sepak bola tersebut mereka lakukan setelah mereka selesai kerja bakti. Jadi seteah semuanya bersih, baru mereka bermain sepak bola bersama.


Antusiasme Orang tua


Sementara itu Masfufah, yang merupakan wali murid dari Zanki sangat mendukung dan merasakan manfaat dari program PFH tersebut. Karena dengan adanya program PFH, anaknya jadi tambah semangat mengisi hari harinya. Ia juga melihat bahwa program PFH ini seakan menjadi kegiatan refreshing bagi anaknya selama melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) online.


Kami sangat mendukung program PFH ini, manfaatnya juga sangat luar biasa. Anak saya jadi tambah ceria dan semangat. Program ini menjadi media refreshing bagi Zanki di tengah PBM onilne”. Tuturnya.


Bahkan alumni Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki tersebut berharap sekaligus memberikan saran untuk menjadikan PFH sebagai program berkelanjutan selama pandemi. Jangan sampai program PFH tersebut berhenti di semester ini saja. Selama kebijakan PBM online masih diberlakukan, harapannya program PFH juga masih diadakan karena manfaatnya sangat terasa dan luar biasa.


Harapannya sih masih berlanjut ya. Karena manfaatnya sangat terasa dan luar biasa, jangan sampai program bagus ini berhenti di semester ini saja. selama kebijakan PBM online diberlakukan harapannya PFH juga bisa tetap jalan,” tambahnya. *Mujahid

SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya : http://integral.sch.id
Versi Online : http://integral.sch.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=1193