BMH dan Sekolah Hidayatullah Galang Dana Peduli Gempa Maroko

Posted on: 21 September 2023

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Serta melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional. Sebagai lembaga sosial, BMH belum lama ini bersama sekolah-sekolah milik Hidayatullah menggalang dana peduli korban gempa Maroko.



BMH bersama TK Yabunayya Surabaya Bantu Korban Gempa Maroko


Anak-anak TK-KB Yabunayya Surabaya menunjukkan solidaritas mereka kepada korban gempa di Maroko dengan ikut serta dalam penggalangan dana yang diadakan oleh Laznas BMH pada 15 September lalu. Dalam penggalangan dana tersebut, anak-anak dengan senang hati menyumbangkan uang saku mereka untuk membantu saudara-saudara mereka di Maroko yang terdampak gempa.


Ustadah Khurin, salah satu pengajar di KB-TK Yabunayya, mengatakan bahwa anak-anak sangat antusias dalam mengikuti penggalangan dana ini. Mereka merasa bahagia dapat membantu sesama. “Anak-anak sangat senang bisa ikut membantu saudara-saudara mereka di Maroko yang tertimpa musibah. Mereka juga belajar tentang pentingnya empati dan peduli terhadap sesama,” ujar Ustadzah Khurin.


Baca juga: BMH Beri Bantuan Al-Quran di Lumajang dan Kulon Progo


Siswa TK - KB Yaa Bunayya Surabaya juga membuat berbagai kreasi, seperti lukisan, puisi, dan origami, yang kemudian dijual untuk menambah donasi untuk korban bencana di Maroko. Sebagaimana kita ketahuibersama, gempa berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang wilayah Maroko. Gempa tersebut menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah, termasuk di Provinsi Chefchaouen, Fez, dan Meknes.


Hingga saat ini, jumlah korban tewas akibat gempa tersebut mencapai lebih dari 1.000 orang. Ratusan ribu orang lainnya masih mengungsi. Donasi yang terkumpul dari penggalangan dana di KB-TK Yabunayya Surabaya akan disalurkan melalui Laznas BMH untuk membantu korban gempa di Maroko. Semoga bantuan ini bisa ikut meringankan beban penderitaan masyarakat korban bencana gempa Maroko.



BMH dan SD Luqman Al-Hakim Lumajang Bantu korban Gempa Maroko


Lembaga Amil zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) bersama beberapa sekolah di Jawa Timur menggalang donasi peduli Gempa Maroko. Salah satunya di SD Integral Lukman Al-Hakim Lumajang, pada selasa (19/9). Tampak para murid, guru dan seluruh warga sekolah memberikan infaq dan donasi terbaiknya melalui kotak kardus yang telah disediakan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan dan membentuk karakter dan jiwa kepedulian siswa.


Bapak Wasito, selaku Kepala SD Integral Lukman Al-Hakim Lumajang mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melatih kepekaan dan empati anak-anak terhadap sesama. “Kita sebagai seorang muslim merasa tergugah untuk membantu sesama yang lagi terkena bencana, untuk itu kami melakukan pengalangan dana. Hal ini juga sebagai wahana edukasi kepada para siswa dalam hal berbagi. Semoga apa yang kita lakukan ini bisa membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah Gempa bumi di Maroko,” ungkap Wasito.


Baca juga: BMH Salurkan Logistik untuk Santri di Bengkulu dan Palembang


Sementara itu, Koordinator BMH Gerai Lumajang, Mahfudz Alafghoni menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mempercayakan kepada Laznas BMH untuk menyalurkan dana bantuan kepada warga yang terdampak gempa di Maroko. “Kami sampaikan terima kasih kepada komite sekolah dan pihak-pihak terkait yang telah melakukan penggalangan donasi. Insya Allah sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat yang terdampak gempa.” tutur pria kelahiran Jember itu.


Hal ini menunjukkan bahwa kepedulian masyarakat Indonesia terhadap sesama masih sangat tinggi. Hingga saat ini, dana yang terkumpul dari penggalangan donasi di SD Integral Lukman Al-Hakim Lumajang telah mencapai Rp 951.000. Dana tersebut akan disalurkan oleh BMH melalui mitra-mitranya di Maroko untuk membantu para penyintas gempa.

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :6075658 Visitor
Hits :8359240 hits
Month :7288 Users
Today : 350 Users
Online : 8 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?