Warning: session_start(): open(/home/cakrudin/tmp/sess_pbv8m5lce1jptl4da3jui45is3, O_RDWR) failed: Disk quota exceeded (122) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php:3) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3
Doa Gapai Mahabbatullah

Doa Gapai Mahabbatullah

Posted on: 31 July 2021

Ada kebiasaan orang Badui yang suka bertanya kepada Rasulullah Saw dengan kepolosan dan keluguannya. Padahal para sahabat sangat berhati-hati kalau bertanya kepada Rasulullah Saw. Ada beberapa hadist menerangkan cerita pertanyaan orang badui dan itu menjadi kebaikan untuk umat Islam secara keseluruhan. Berikut ini diantaranya.



Sebagaimana diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik Ra, ada seorang laki-laki (yang dimaksud orang Badui) bertanya tentang hari Kiamat. “Ya Rasulullah, kapankah datangnya hari Kiamat?” Nabi tidak menjawabnya tapi balik bertanya kepada laki-laki tersebut “Apa yang telah engkau persiapkan untuk menghadapi hari Kiamat?”


Spontan laki-laki Badui itu menjawab, “Belum ada ya Rasulullah, selain kecintaanku kepada Allah dan Engkau Rasulullah”. Rasulullah Saw lalu menimpali, “Engkau bersama orang yang kami cintai” ( HR. Al-Bukhori)


Anas bin Malik sungguh sangat senang dengan hadist di atas, hingga beliau berkata “Tiada yang mengembirakan hati kami daripada hadist Rasulullah Saw, “Seseorang bersama yang dia cintai.” Beliau juga mengatakan, “Aku mencintai Nabi Salallahu ‘alaihi wasalam, Abu Bakar dan Umar. Aku berharap dapat berkumpul bersama mereka dengan bekal kecintaanku kepada mereka, kendati aku belum bisa beramal sebagaimana mereka beramal.”


Baca juga: Saudara Rasulullah Saw


Kiamat adalah peristiwa besar dan misteri kedatangannya, wajar jika sejak dulu hingga sekarang orang penasaran untuk mengetahui kepastian datangnya hari kiamat. Termasuk laki-laki Badui di atas, meski dia belum mempersiapkan amal yang banyak.


Tapi dia punya modal yang luar biasa yaitu cinta. Dengan modal cinta dapat membawa seseorang ke surga bahkan bisa berkumpul dengan orang yang dicintainya itu. Bukan cinta sembarangan tapi cinta kepada Allah dan Rasulullah.


Tidak mudah mencintai Allah Swt dan Rasulullah Saw, apalagi mendapatkan cintanya Allah Swt dan Rasulullah Saw. Sehingga Rasulullah Saw mengajarkan sebuah doa untuk bisa mendapatkan cinta hakiki:


اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالْعَمَلَ الَّذِي يُبَلِّغُنِي حُبَّكَ اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنْ نَفْسِي وَأَهْلِي وَمِنْ الْمَاءِ الْبَارِدِ


Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kecintaan-Mu, dan kecintaan orang yang mencintai-Mu, serta amalan yang menyampaikanku kepada kecintaan-Mu. Ya Allah, jadikanlah kecintaan-Mu lebih aku cintai daripada diriku, keluargaku serta air dingin. (Doa ini diambil dari hadits riwayat Tirmidzi dalam Sunan Tirmidzi.)


Baca juga: Bahaya Kekenyangan


Bahkan doa ini disunnahkan dibaca setiap selesai shalat wajib. Saking penting doa cinta ini. Maka beruntung bagi seseorang yang memperoleh kecintaan Allah Swtt. Orang yang memperoleh cinta Allah Swt akan senantiasa mendapatkan perlindungan dari setiap bahaya dan mendapatkan bimbingan serta petunjuk pada setiap kemaslahatan. Dijamin pasti bahagia dan selamat di dunia akhirat.


Demikian juga bagi hamba yang bisa mencintai Allah melebihi apa pun termasuk dirinya sendiri, maka kebahagiaan akan diperolehnya. Bisa mencintai keluarga atau istri dan dicintai istri saja sudah sangat bahagia, apalagi bisa mencintai dan dicintai oleh Allah dan Rasulullah.


Oleh: Ust. Abdul Ghofar Hadi - Wakil Sekjen I Hidayatullah

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :6008551 Visitor
Hits :8263173 hits
Month :6287 Users
Today : 858 Users
Online : 23 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?