Perpustakaan Siluqim Raih Predikat Akreditasi A Perpustakaan Nasional RI

Posted on: 9 March 2021

Perpustakaan SD Luqman Al Hakim, Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya berhasil meraih predikat Akreditasi A. Prestasi dan pencapaian ini tertuang dalam sertifikat akreditasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) yang diterima Jumat (05/03/21).



Berdasarkan sertifikat tersebut, Perpustakaan SD Luqman Al Hakim Surabaya telah menunjukkan kesesuaian dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) sehingga berhal menyandang predikat akreditasi A.


Serah terima sertifikat dilaksanakan di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Dengan pencapaian ini, Perpustakaan SD Luqman Al Hakim menjadi pionir di lingkup sekolah di bawah naungan Hidaytullah dalam pengelolaan perpustakaan berstandar nasional.


Prestasi ini tentu saja wajib disyukuri dan menjadi tantangan baru untuk memperluas manfaat akreditasi terutama bagi perpustakaan lain dalam lingkup lembaga pendidikan di Hidayatullah. Tantangan nyata dan agenda selanjutnya adalah mengembangkan sumber daya perpustakaan, aksi-aksi pengembangan literasi serta pemanfatan teknologi informasi dan komunikasi,.


Menanggapi hasil akreditasi ini, Kepala Sekolah SD Luqman Al hakim Surabaya, Adi Purwanto, M.Pd selaku pembina perpustakaan memberikan apresiasi serta menaruh harapan besar agar perpustakaan menjadi pusat sumber ilmu dalam mewujudkan kampus sekolah yang ilmiah, alamiah, dan Islamiyah. Serta menjadi pusat rujukan dalam menncari referensi pendidikan untuk kalangan internal sekolah maupun yang lebih luas



“Alhamdulillah, semoga bisa menjadi penyemangat kami dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada anak didik kami, dan semoga ke depannya Perpustakaan SD Luqman Al Hakim dapat mempertahankan prestasi ini dan meningkatkan kualitas pelayananan, sekali lagi selamat dan sukses mendapatkan akreditasi A,” ucap Adi Purwanto ketika dihubungi melalui aplikasi pesan singkat.


Beberapa bulan sebelumnya, Perpustakaan SD beralamat di Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya ini menjadi satu-satunya sekolah Islam yang lolos ke babak akhir berhasil meraih nilai terbaik ke-tiga. Hasil ini didapatkan setelah melewati beberapa tahapan, bersaing dengan puluhan sekolah dari penjuru Kota Surabaya. Dengan total nilai akhir 891, SD Islam di Surabaya Timur ini ditetapkan menjadi juara 3. Selengkapnya baca di Satu-satunya Sekolah Islam, Juara 3 Lomba Perpustakaan Tingkat Kota Surabaya.


Akreditasi perpustakaan sendiri merupakan amanat UU No 43 tahun 2007 pasal 8 tentang perpustakaan yang bertujuan untuk menjamin terpenuhinya standar minimal pengelolaan perpustakaan. Sebuah bentuk pengakuan formal dari lembaga yang lebih tinggi dengan mengacu pada standar yang berlaku.


Dalam proses assesmen, perpustakaan harus memenuhi instrumen standar pengelolaan perpustakaan yang terdiri dari 6 komponen yaitu komponen koleksi, komponen sarana dan prasarana, komponen pelayanan perpustakaan, komponen penyelenggaraan dan pengelolaan, dan komponen penguat.

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5146065 Visitor
Hits :6542606 hits
Month :3035 Users
Today : 161 Users
Online : 6 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi